Harus Anda Ketahui: Khasiat Kulit Manggis Dan Daun Sirsak

harus anda ketahui: khasiat kulit manggis dan daun sirsak

Harus Anda Ketahui: Khasiat Kulit Manggis Dan Daun Sirsak

Tahukah Anda kandungan apa sajakah yang ada dalam kulit manggis dan daun sirsak?? Ternyata kulit manggis dan daun sirsak ini banyak sekali manfaat juga kandungannya dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Banyak orang yang tidak cukup tahu tentang khasiat dari kedua tanaman ini maka dari itu kami akan membahasnya secara lengkap, simak selengkapnya dibawah ini .

Kulit Manggis

Negara Indonesia sebagai negara yang memiliki keanekaragaman hayati adalah salah satu sentra produksi manggis yang diekspor ke berbagai belahan dunia seperti Amerika dan Eropa. Kulit Manggis menghasilkan senyawa xanthone, yaitu zat yang terbentuk dari kulit terisolasi dari buah manggis. Tingkat kandungan xanthone mencapai 123,97 mg per ml. Xanthone memiliki aktivitas anti-inflamasi dan antioksidan. Senyawa xanthone memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel yang menghambat proses degenerasi sel. Pada zaman sekarang ini orang mudah terkontaminasi oleh bahan kimia, polusi dan bahan buatan. Xanthone tidak hanya berfungsi sebagai antioksidan, tetapi juga antikanker.

Manggis dapat membantu menghancurkan segala jenis penyakit di dalam tubuh dan memperbaiki sistem antibodi di dalam tubuh serta meregenerasi sel. Dr. Ir. Raffi Paramawati, M.Si, dari Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian, menjelaskan bahwa di dalam kulit manggis terdapat kekuatan antioksidan yang luar biasa yang mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas ini mampu masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan juga minuman yang dikonsumsi dan menjadi penyebab utama penyakit jantung, stroke, kanker dan lain-lain. Kandungan antioksidan pada manggis lebih tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Zat antioksidannya bahkan melebihi vitamin E. XANTHONE pada kulit buah manggis yang bermanfaat sebagai antioksidan adalah alpha mangostin dan gamma mangostin.

Inilah manfaat Kulit Buah Manggis:
  1. Memperkuat sistem kekebalan.
  2. Menyembuhkan peradangan.
  3. Memperbaiki komunikasi antar sel.
  4. Mengagalkan kerusakan DNA.
  5. Alat bantu sistem getah bening.
  6. Memelihara optimal fungsi kelenjar gondok.
  7. Mengurangi resistensi insulin.
  8. Membantu penurunan berat badan.
  9. Menyembuhkan kerusakan urat syaraf.
  10. Menyeimbangkan sistem kelenjar endokrin.
  11. Alat bantu dari sinergi tubuh.
  12. Meringankan wasir.
  13. Membantu menurunkan kadar gula dalam darah (hypoglycemia).
  14. Meringankan penyakit kulit kemerah-merahan/bersisik (psoriasis).
Daun Sirsak
 
Sirsak (Annona muricat L) memiliki daging buah yang tebal dan banyak mengandung serat vitamin C alami yang cukup tinggi. Zat antioksidan di dalam buah sirsak pun cukup tinggi. Tidak hanya buah, daun sirsak pun ternyata memiliki kemampuan dahsyat untuk menyembuhkan kanker. Bahkan, setara dengan efek kemoterpi. Jika kemoterapi masih bisa membunuh sel-sel sehat, rebusan air daun sirsak hanya membunuh sel-sel kanker atau sel-sel yang abnormal.

Kandungan annonaceous acetogenins dalam daun sirsak yang merupakan senyawa antitumor dan kanker yang berkeja dengan hebat tanpa merusak sel yang sehat adalah awal mula daun sirsak digunakan sebagai pengobatan alternatif penyembuhan kanker. Kandungan antitumor, antibakteri, anti jamurnya efektif untuk mengatasi masalah cacingan atau parasit, hipertensi, depresi atau setres, dan menormalkan syaraf yang tertekan.

Daun Sirsak sangat bermanfaat
karena memiliki kandungan sebagai berikut :
  1. Mengandung glukosa dan fruktosa dengan kadar 81,9-93,6 persen dari kandungan gula tota
  2. Dalam buah sirsak terkandung sedikit lemak sehingga tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan
  3. Rasa asam pada buah sirsak berasal dari rasa asam organik
  4. Dalam buah sirsak juga terdapat vitamin C, sekitar 20-100 mg, sedangkan kandungan vitamin C yang kita butuhkan adalah per hari 60 mg
  5. Dengan mengkonsumsi buah sirsak yang banyak mengandung vitamin C, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan (jadi awet muda niiiih grin emoticon )
  6. Mineral yang terkandung pada buah sirsak dapat memperkuat tulang dan menghambat osteoporosis
Itulah kandungan dan khasiat dari kulit manggis dan daun sirsak. Kulit manggis dijuluki “Queen Of Fruit” karena mengandung kadar antioksidan tertinggi dibandingkan dengan buah lainnya, daun sirsak yang memiliki kandungan zat anti kanker 10.000 kali lebih efektif dalam melawan kanker dibandingkan kemoterapi.

Apakah artikel ini bermanfaat bagi Anda? Mohon bantu Share agar bermanfaat juga untuk orang lain...

0 Response to "Harus Anda Ketahui: Khasiat Kulit Manggis Dan Daun Sirsak"

Posting Komentar