Meski Terkesan Sepele, Tidur Siang Bagi Anak Memiliki Manfaat Sangat Baik Untuk Tumbuh Kembang, Simak 7 Manfaatnya

meski terkesan sepele, tidur siang bagi anak memiliki manfaat sangat baik untuk tumbuh kembang, simak 7 manfaatnya

Meski Terkesan Sepele, Tidur Siang bagi Anak Memiliki Manfaat Sangat baik untuk Tumbuh Kembang. Simak 7 Manfaat lainnya
 
Tidur merupakan kebutuhan utama yang baik bagi kesehatan, dan untuk anak-anak penting mendapatkan waktu tidur yang cukup termasuk tidur di siang hari. Hal ini karena tidur membantu pertumbuhan dan proses peremajaan yang terjadi pada anak.

Anak-anak yang rutin melakukan tidur siang bisa mendapatkan beberapa manfaat sebagai berikut:

1.  Hubungan antara kecerdasan anak terhadap pola tidur

Beberapa ahli mengatakan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan anak terhadap pola tidur. Manfaat yang bayi anda dapatkan dari kegiatan tidur siang ialah membantu dalam mengembangkan kemampuan bayi secara optimal. Dengan bayi anda teratur tidur siang, pertumbuhan hormon dapat berfungsi dengan sangat baik terhadap aliran darah bayi anda. Selain itu tidur siang juga memberikan perasaan yang tenang dan memulihkan kembali energi bayi anda sehingga pemulihan fungsi otak pada bayi dapat bekerja dengan baik.

2. Anak yang rutin tidur siang memiliki pertumbuhan tubuh yang lebih optimal

Penelitian yang dilakukan Medical School Harvard University menunjukkan bahwa anak yang rutin tidur siang memiliki pertumbuhan tubuh yang lebih optimal dibandingkan dengan anak yang nggak mau tidur siang. Hal ini diakibatkan oleh hormon pertumbuhan atau yang disebut human-Growth Hormone (h-Gh) lebih aktif mengalir dalam darah saat anak tidur siang. Hormon ini diproduksi oleh otak dan bekerja sama dengan hormon lainnya, seperti hormon gondok, anak ginjal, tulang, dan otot, mereka membantu proses pertumbuhan tubuh anak.

3. Membantu mereka meningkatkan kemampuan memproses informasi dan mengaplikasikan pengetahuannya

Pada bayi di atas satu tahun, tidur siang bisa membantu mereka meningkatkan kemampuan memproses informasi dan mengaplikasikan pengetahuannya. Itulah fakta ditemukan oleh penelitian yang dilakukan University of Arizona. Saat anak cukup tidur di siang hari, mereka nggak mudah merasa kelelahan sehingga mampu secara optimal menerima, memproses, dan mengaplikasikan informasi yang diterimanya sehari-hari.

4. Balita yang tidak tidur siang atau waktu tidur siangnya kurang, lebih cenderung mengalami stres

Balita di bawah dua tahun yang tidak tidur siang atau waktu tidur siangnya kurang, ternyata lebih cenderung mengalami stres dan tidak bahagia. Akibatnya, saat dewasa, mereka cenderung beresiko mengalami kesehatan mental. Ini bisa terjadi karena saat anak kekurangan waktu tidur, mereka cenderung menjadi rewel, merasa lebih cemas, dan nggak tertarik dengan hal-hal di sekelilingnya. Itulah sebabnya agar anak merasa lebih bahagia, pastikan mereka melakukan tidur siang agar terhindar dari perasaan stres dan cemas.

5. Dengan tidur siang,  membantu anak untuk mengistirahatkan tubuhnyan luar-dalam

Jika anak sudah bisa merangkak atau berjalan, biasanya mereka mulai nggak bisa diam dan selalu bergerak setiap saat.  Saat itu, bukan hanya badan si kecil saja yang melakukan ativitas, tapi juga seluruh otot, otak, dan organ-organ di dalam tubuhnya. Dengan tidur siang, Anda membantu anak untuk mengistirahatkan tubuhnyan luar-dalam. Jadi, saat bangun, anak merasa lebih segar dan bisa kembali aktif bergerak.

6. Anak yang telah tidur siang diketahui memiliki ingatan yang baik

Berdasarkan uji coba yang mereka lakukan, anak yang telah tidur siang diketahui memiliki ingatan yang baik dibandingkan ketika mereka tidak tidur siang. Efek tidur siang ini bahkan cukup lama hingga keesokan harinya. Penelitian mengungkap bahwa tidur siang bisa membantu meningkatkan kinerja otak anak, terutama dalam hal ingatan.

7. Anak-anak yang mendapatkan cukup tidur siang lebih kreatif dan  memiliki kekuatan imajinatif luar biasa

Manfaat tidur siang tidak hanya terbatas pada memori dan pemahaman saja. Anak-anak yang mendapatkan cukup tidur siang ditemukan lebih kreatif dan mereka memiliki kekuatan imajinatif luar biasa. Otak mereka akan memproses apa yang mereka pelajari dan menghubungkannya dengan imajinasi mereka.


Demikianlah manfaat dari tidur siang bagi anak-anak. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Meski Terkesan Sepele, Tidur Siang Bagi Anak Memiliki Manfaat Sangat Baik Untuk Tumbuh Kembang, Simak 7 Manfaatnya"

Posting Komentar