Ternyata Berpelukan Setiap Hari Dapat Memberikan Energi Positif

ternyata berpelukan setiap hari dapat memberikan energi positif


Ternyata Berpelukan Setiap Hari Dapat Memberikan Energi Positif

Berpelukan merupakan kegiatan yang sepele dan mungkin orang akan menertawakan jika membahas mengenai pelukan. Ternyata efek dari pelukan itu sangat besar sekali. Lima detik pelukan baik suami, anak atau sahabat akan membawa dampak besar bagi kehidupan. Anda mungkin tak menyadarinya, namun berpelukan setiap hari meskipun singkat akan membuat kita jadi pribadi yang lebih baik.

Beberapa penelitian sudah membuktikannya. Bahkan jika ada bayi kembar yang prematur dianjurkan untuk diletakkan satu inkubator dengan saudaranya untuk saling berpelukan, karena akan mempercepat kenaikan berat badannya. Jadi tak ada alasan untuk tak berpelukan setiap hari, berikut buktinya.

Menenangkan hati dan pikiran
 
Tindakan sederhana dari pelukan tidak hanya terasa di tangan. Ketika kita menerima pelukan seseorang, oksitosin (juga dikenal sebagai "hormon berpelukan") dilepaskan. Pelepasan ini membuat kita merasa semua hangat. Oksitosin juga telah dikaitkan dengan ikatan sosial.

"Oksitosin adalah neuropeptida, yang pada dasarnya mempromosikan perasaan, pengabdian kepercayaan dan ikatan.Itu benar-benar meletakkan dasar biologis dan struktur untuk menghubungkan ke orang lain," kata psikolog Universitas DePauw,Matt Hertenstein.

Menurunkan tekanan darah

Hormon-hormon yang dilepaskan dalam tubuh setelah pelukan tidak hanya baik untuk perasaan bahagia, tapi juga dapat membantu kesehatan fisik Anda. Ketika seseorang menyentuh, sensasi pada kulit Anda mengaktifkan reseptor tekanan yang disebut Pacinian corpuscles. Reseptor ini kemudian mengirimkan sinyal ke saraf vagus, area otak yang bertanggung jawab untuk menurunkan tekanan darah.

Menyehatkan jantung

Merangkul seseorang dapat menghangatkan hati, dan bisa menjadi obat yang berkualitas bagi kesehatan jantung Anda. Dalam sebuah percobaan di University of North Carolina, Chapel Hill, peserta yang tidak memiliki kontak dengan pasangan detak jantungnya lebih cepat 10 denyut per menit. Ini dibandingkan dengan lima kali per menit pada mereka yang harus memeluk pasangan mereka selama percobaan.

Makin tua, makin butuh pelukan

Menurut para peneliti di Ohio State University, memeluk dan menyentuh secara fisik menjadi semakin penting seiiring pertambahan usia. "Semakin tua Anda, semakin rapuh Anda secara fisik, sehingga kontak menjadi semakin penting bagi kesehatan yang baik," kata psikolog Janice Kiecolt-Glaser. Penelitian telah menunjukkan bahwa kesepian, terutama dengan pertambahan usia, juga bisa meningkatkan stres dan memiliki efek kesehatan yang buruk. Dengan memeluk seseorang, kita langsung merasa lebih dekat dengan orang itu dan mengurangi perasaan kesepian.

Demikianlan artikel mengenai 'ternyata berpelukan setiap hari dapat memberikan energi positif' semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terimakasih

Mutia Nugraheni/MUT

Huffingtonpost

0 Response to "Ternyata Berpelukan Setiap Hari Dapat Memberikan Energi Positif"

Posting Komentar