Inilah Tips Memasak Mie Instan Agar Lebih Sehat

inilah tips memasak mie instan agar lebih sehat

Tips Memasak Mie Instan Agar Lebih Sehat

Mie instan sudah menjadi makanan sehari-hari warga Indonesia. Jika tidak ada mie dan lauk pauk terhidang, maka mie instan jadi jawaban yang cepat dan praktis. Banyaknya variasi mie instan dan berbagai rasa enak yang ditawarkan membuat mie instan

Kurangi Bumbu Mie Instan

Salah satu bagian mie instan yang sering dikhawatirkan adalah bumbunya. Tidak bisa dipungkiri, garam dan MSG berada dalam komposisi awal bumbu mie instan. Padahal kita tahu bahwa asupan garam dan MSG ada batasnya. Oleh karena itu, kurangi bumbu mie instan saat Anda membuatnya, pakailah setengah saja atau tidak Anda pakai sama sekali.

Gantilah bumbu itu dengan bumbu racikan Anda sendiri. Misalnya campuran bawang pulih yang dihaluskan, sedikit merica, garam, gula, kecap, saus atau bumbu alami lainnya. Rasanya memang tidak seenak jika Anda memakai seluruh bumbu, namun rasa dari bahan alami lebih sehat untuk tubuh.

Pastikan Mie Matang Sesuai Petunjuk
Banyak orang mengonsumsi mie instan yang masih mentah dengan cara dirematkan dan diberi bumbu, padahal cara tersebut sangat tidak sehat dan tidak dianjurkan. Mie instan kering harus diolah terlebih dahulu agar matang dan memiliki tekstur yang lebih mudah dicerna tubuh. Jika tidak matang, maka proses pencernaan jadi lebih sulit.

Karena itu, pastikan Anda memasak mie instan dengan cara penyajian yang tertera. Pakai jumlah air yang disarankan, ukur waktu memasaknya agar mie matang sempurna. Ada beberapa orang yang membuang air rebusan mie yang keruh dan diganti dengan air rebus lain. Belum ada penelitian mengenai hal  ini, namun tidak ada salahnya Anda coba.

Tambahkan Sayur, Daging Atau Telur

Walaupun dikatakan memiliki nutrisi, mie instan sesungguhnya lebih banyak memberi asupan karbohidrat dan membuat kenyang dengan gizi yang kurang berimbang. Karena itu, Anda bisa menambahkan bahan makanan lain yang alami namun tetap enak jika dimakan bersama mie instan.

Bahan-bahan yang bisa Anda campur adalah sayur seperti sawi, tomat, wortel dan sebagainya. Untuk protein, Anda bisa mencampur telur, daging sapi cincang, udang atau daging ayam. Bahkan Anda bisa menambahkan tahu di dalam mie instan. Sebisa mungkin hindari sosis atau produk beku sejenis, sebab bahan alami lebih baik.

Batasi Jumlah Konsumsinya

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi mi instan karena bisa membuat badan menjadi gemuk

Jangan Makan Pakai Nasi

Mie sudah mengandung karbohidrat, jadi jangan pakai nasi juga yang mengandung nasi.

0 Response to "Inilah Tips Memasak Mie Instan Agar Lebih Sehat"

Posting Komentar